09 Sep 2016

Harga Kambing Qurban 2016

Sapi Qurban 1 Comment

Assalamualaikum wr wb

Qurban memiliki 2 dimensi, Dimensi Ibadah dan Sosial :

  • Niatnya akan sampai ke Langit
  • Dagingnya akan sampai kesesama saudara muslim

Jadikan Tahun ini Kesempatan Berbagi untuk saudara-saudara kita yang ada di pelosok desa.

Untuk Distribusi Sosial yang merata, Silahkan Salurkan kepada

  • http://quis.or.id/
  • http://www.globalqurban.com/
  • http://www.dompetdhuafa.org/
  • http://pkpu.or.id/
  • http://daaruttauhiid.org/
14 Sep 2011

Pembagian Daging Aqiqah

Aqiqah 1 Comment

Pembagian daging Aqiqah dibagikan sebagian kepada fakir miskin sebagai sedekah, dibagikan kepada kaum kerabat, tetangga, yang membantu persalinan atau suku bangsa tertentu sebagai hadiah dan juga boleh sebagian untuk dimakan sendiri, namun tidak leih dari sepertiga bagian.

Memberi Nama Anak

Disunnahkan memberi nama yang baru dilahirkan dengan nama-nama yang baik, ini dengan harapan kelak anak tersebut menjadi baik karena dalam nama itu terkandung doa dan harapan orang tua.

Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah, Abdur Rahman, dll. Juga diperbolehkan memakai nama-nama malaikat atau para nabi dan juga nama-nama baik lainnya.

Namun di makhruhkan memberi nama dengan nama Yasar (kaya), Rabah (banyak) dan Aflah (bahagia) karena dikhawatikan apabila ada yang menanyakan apakah dia demikian, jawabannya tidak.

Mencukur Rambut

Disunnahkan mencukur rambut bayi yang baru dilahirkan sampai habis kemudian rambutnya ditimbang dengan perak/emas lalu disedekahkan senilai perak/emas tadi kepada faikr miskin. Rasullullah SAW, memerintahkan kepada Fatimah RA, beliau bersabda:

“Tumbanglah rambut Husain dan bersedekahlah dengan berat rambut tersebut dengan perak dan berikanlah kaki Aqiqah kepada satu suku bangsa” (HR. Baihaqi dari Ali RA)

Banyak hikmah yang terkandung didalamnya. Pertama menghilangkan penyakit karena rambut bawaan bayi mengandung kotoran yang akan mengundang penyakit. Kedua menguatkan syaraf-syaraf kepala sang bayi. Ketiga mempererat ikatan dengan fakir miskin dengan mensedekahkan kepadanya dan hikmah lainnya.

Ahli fiqih membolehkan juga mengadakan walimah Aqiqah dengan mengundan fakir miskin, kaum kerabat dan yang lainnya untuk makan bersama berkumpul guna mempererat Ukhuwah Islamiyah.

14 Sep 2011

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Aqiqah No Comments

Diutamakan melaksanakan Aqiqah pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya, adapun kalau belum bisa, boleh hari ke 14 (empat belas), 21 (duapuluh satu) atau kapan saja ia mampu.

Imam Malik berkata : “Pada dzohirnya bahwa keterikatan pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan) ke 10 (sepuluh) atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah : “Allah menghendaki kemudahan bagi mu dan tidak menghendaki kesukaran bagi mu”. (QS. 2:185)

Pendapat Imam Malik ini menjelaskan bahwa melakukan Aqiqah kapan saja boleh, namun diutamakan pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya.

Disunahkan memotong Kambing sendiri

Orang yang mengaqiqahkan anaknya dan ia pandai memotong kambing, disunnahkan untuk menyembelih sendiri sambil membaca:

Bismillahi Wallahu Akbar, Allahuma Sholi alaa Muhammadin wa’alaa aalaihi wasallim Allahuma minka wa’alaika taqabbal hadzihi aqiqah min ….. (fulan bin fulan)

Dengan Nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah berilah rahmat dan sejahtera kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, Ya Allah ini dari Engkau dan kembali keada Engkau maka terimalah ini aqiqah dari …….  (fulan bin fulan)

14 Sep 2011

Kenapa kita harus melaksanakan aqiqah

Aqiqah 2 Comments

Aqiqah adalah satu ajaran islam yang dicontohkan Rasulullah yang mengandung hikmah dan manfaat positif yang bisa kita petik didalamnya oleh karena itu kita sebagai umat islam sudah selayaknya untuk melaksanakan setiap ajaran-ajaran tanpa terkecuali termasuk Aqiqah ini.

Makna Aqiqah

Menurut bahasa Aqiqah berarti memutus/memotong, sedangkan menurut istilah Syar’i Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak yang baru dilahirkan pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya.

Hukumnya Aqiqah

Para Fuqoha berbeda pendapat dalam hal ini, ada yang wajib, sunnah Mu’akkadah dan ada yang menolak Aqiqah ini di syariatkan. Pendapat yang terakhir ini adalah pendapat ahli Fiqih Hanafiyah, adapun yang berpendapat wajib adalah diantaranya : Hasan Basri, Al-Laits, Ibnu Saad, dll. Sedangkan yang berpendapatsunnah Mu’akkadah adalah sebagian besar ahli ilmu fiqih dan ijtihad diantara mereka adalah Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dll dan inilah pendapat yang terkuat.

Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Yang afdol anak laki-laki disembelihkan 2 (dua) ekor sedangkan anak perempuan 1 (satu) ekor, namun ada yang membolehkan untuk anak laki-laki cukup satu ekor, terutama apabila dalam kesempitan, berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abas RA. Bahwa sesungguhnya Rasullullah telah mengAqiqahkan  Al-Hasan dan Al-Husain satu kambing satu kambing.

 

23 Mar 2010

Pengertian Aqiqah

Aqiqah 6 Comments

Kata Aqiqah berasal dari kata ‘aqqa, artinya sepotong. Menurut Al-Azhari, Abu Ubaid, dan Ashmu’i, aqiqah semula adalah nama dari rambut seorang bayi yang baru lahir. Akan tetapi nama ini kemudian dinisbatkan pada hewan kambing aqiqah yang disembelih. Alasannya karena rambut yang ada pada bayi itu dicukur bertepatan dengan waktu penyembelihan kambing aqiqah tersebut.

Pada zaman jahiliah dulu, jika orang-orang melakukan aqiqah atas anak yang baru lahir, mereka melumuri sepotong kapas dengan darah hewan aqiqah, kemudian meletakan kapas itu di kepala bayi, yang telah dicukur. Akan tetapi, setelah kedatangan Islam dan berdasarkan sabda Rasulullah, tindakan itu diganti.

Rasulullah saw. bersabda :

“Oleskan wewangian menggantikan darah.” (HR. Ibnu Hibban)

Rasulullah saw. bersabda :

“Seorang anak tergadai dengan aqiqah yang harus disembelih pada hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR. Turmudzi)

Apa maksud kata tergadai dalam hadis ini?

Adapun maksud dari kata tergadai dalam hadits ini adalah anak itu tergadai (tidak diberi nama dan dicukur rambutnya) kecuali setelah di aqiqah i (di sembelihkan hewan aqiqah untuknya). Akan tetapi, di sana juga terdapat makna lain, yaitu kata tergadai dalam hadis ii digunakan untuk menegaskan keharusannya menyembelih kambing aqiqah.

Adapun menurut Ahmad bin Hanbal kata tergadai maksudnya adalah bahwa anak yang lahir itu tidak dapat memberi syafaat kepada kedua orang tuanya sehingga ia di aqiqahi.

Jika seorang telah dewasa, tetapi dia belum di aqiqah kan, maka dibolehkan baginya menyembelih kambing aqiqah untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, jika ia ragu apakah ia sudah di aqiqah kan atau belum maka seharusnya ia menyembelih kambing aqiqah . Alasannya adalah karena secara hukum dia belum di aqiqah kan.

Adapun dalil yang membolehkan ber aqiqah sendiri adalah hadits Nabi yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

Dari Anas bin Malik r.a. bahwa Nabi saw. menyembeli hewan aqiqah untuk dirinya sendiri. (HR Baihaqi)

Meskipun demikan, mayoritas ulama menilai hadits ini adalah lemah. Di antara mereka adalah Imam Baihaqi sendiri, Imam Nawawi, dan Al-Hafidh. Alasannya, ada di antara perawinya Abdullah bin Muharrar.

Perintah aqiqah lebih ditekankan daripada perintah untuk ber qurban. Bahkan, penekanan ini dikukuhkan dengan memberikan status hukum sunnah muakkadah, yaitu sunah yang ditekankan.

Ada pertanyaan, ” Jika ada seorang bayi lahir, tetapi ia meninggal pada hari ketujuh dan setelah matahari terbit, apakah ia tetap berkewajiban untuk di aqiqah kan ?”
Jawabannya adalah wajib di aqiqah kan, tetapi jika sebelum waktu itu maka tidak wajib.

Aqiqah adalah salah satu bentuk syukur seorang hamba kepada Allah SWT atas nikmat yang dikaruniakan kepadaNya. Di antara nikmat itu adalah lahirnya seorang anak. Tepat, jika karena luasnya nikmat Allah SWT, Dia berfirman :

“Dan jika kamu menghitung nimat Allah SWT, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya..” (QS An-Nahl : 18)

01 Mar 2010

Ketentuan Aqiqah

Aqiqah No Comments

1. MENCUKUR RAMBUT DI HARI KETUJUH

Yahya bin Bakir telah meriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. bahwa rasulullah telah memerintahkan untuk mencukur kepala Al-hasan dan Al-Husein pada hari ke tujuh dari hari kelahirannya, kemudain dicukur dan beliau menyedekahkan perak sesuai dengan berat timbangan rambutnya itu.
Hikmah Mencukur rambut bayi sampai botak tanpa meninggalkan jambul : higenis, shg mudah dibersihkannya kulit kepala dari kotoran dan selaput tipis bawaan lahir yang dimungkinkan menjadi sarang berbagai penyakit. Kemudian menyedekahkan perak (sekarang umumnya diganti emas) seberat timbangan rambutnya mempunyai hikmah sosial dan penghormatan kepada bayi.

2. MEMBERIKAN NAMA YANG BAIK PADA HARI KETUJUH

Para sahabat bertanya kepada rasulullah saw. “Ya Rasulullah, apakah hak anakku ?” Rasulullah menjawab:“Membaguskan nama nya, memperbaiki adabnya dan mendapat kan kedudukan yang baik.” (HR Ath-Thusi).
Abu Daud meriwayatkan dengan sanad hasan dari Abi Darda’ ra. Ia mengatakan bahwa rasulullah bersabda : “Sesungguhnya pada hari kiamat kamu sekalian akan dipangil dengan nama-namamu dan nama bapak-bapakmu, maka buatlah nama yang baik untuk kamu sekalian”.
Nama-nama yang baik adalah nama para nabi, para sahabat nabi, nama orang yang saleh lagi terkenal, nama yang mengandung harapan dan do’a kebaikan

3. AQIQAH

Diriwayatkan Muraidah dan Ishak bin Ruhawiyah :
“Sesungguhnya manusia pada hari kiamat nanti akan dimintakan pertanggung jawabannya atas aqeqah, sebagaimana akan dimintai pertanggung jawaban atas shalat lima waktu.”At-Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Al Hasan dari Samirah, bahwa rasulullah bersabda tentang aqeqah, “Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan (baginya) pada hari ke tujuh (dari kelahiran)nya, dicukur kepalanya dan diberi nama.”

Imam Ahamd dan At-Tirmidzi meriwayatkan dari Ummu Karaz Al-Ka’biyah bahwa ia bertanya kepada rasulullah saw tentang aqeqah, beliau bersabda :”Bagi anak laki-laki (disembelihkan) dua ekor kambing dan bagai anak perempuan (disembelihkan) satu ekor. Dan tidak membahayakan kamu sekalian apakah (sembelihan-sembelihan itu) jantan ataukah betina”.

Imam Ahmad dan At-Tirmidzi meriwayatkan dari ‘Aisyah ra ia mengatakan bahwa : Rasulullah saw. bersabda, ”Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang mukafa’atan (setara) dan bagi anak perempuan satu ekor kambing.”

Riwayat Abu Daud dari Ja’far bin Muhammad dari bapaknya, bahwa nabi bersabda dalam perkara aqeqah hasan-husein,”Berikanlah kaki dari aqiqah kepada kabilah (sekelompok masarakat yang terikat dalam kesukuan), makanlah dan berilah makan, dan jangan menghancurkan tulang darinya”.

Ibnu Juraij meriwayatkan dari Atha, dari Aisyah nabi bersabda: “Anggota-anggauta badan (sembelihan) dipotong dan tidak dihancurkan tulangnya”


Firman Alloh Ta’ala : “Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan.” [QS. Al-An’am : 121]

Ibnu al-Mundzir dari Aisyah r.a., ia berkata bahwa rasulullah bersabda, ”Sembelilah atas namanya (anak yang dilahirkan) dan ucapkanlah: Bismillah, allahumma, bagi-Mu-lah dan kepada-Mu-lah kupersembahkan aqeqah si fulan ini”.
Imam Ahmad rahimahulloh dan jumhur ulama berpendapat bahwa apabila ditinjau dari segi syar’I maka yang dimaksud dengan aqiqah adalah makna berkurban atau menyembelih (an-nasikah).

01 Feb 2010

Syarat Kambing Aqiqah

Aqiqah 36 Comments

“Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik-baik(Al Hadits)


Sempurnakan Syarat domba dan Kambing Aqiqah :

  • Disyariatkan hewan aqeqah dari jenis domba atau kambing.
  • Umur hewan aqiqah menurut kebanyakan ulama menyamakan dengan persyaratan hewan qurban yaitu yang sudah melewati setahun, atau minimal enam bulan yang bila dicampur tidak tampak bedanya.
  • Kesehatan, ternak tidak : buta walaupun sebelah; pincang yang nyata; kurus kering; terpotong ekor atau telinga lebih dari sepertiganya; ompong gigi karena tua atau sakit, lumpuh dan gila sehingga tidak bisa digembalakan.
  • Bukan cacat yang dilarang apabila tanduk patah, gigi lepas dalam masa pergantian, bulu rontok, sakit ringan dan luka kecil yang tidak membahayakan kelangsungan hidupnya.
  • Penyaluran boleh dalam keadaan mentah atau matang. Dengan mengadakan walimah ataupun sekedar menyalurkan hendaknya diutamakan dilingkungan bayi dibesarkan dengan tidak melupakan fakir, miskin dan anak yatim.

Ketentuan Waktu

Adapun aisyah mengatakan aqeqah dilakukan pada hari ke tujuh, ke empat belas atau ke dua puluh satu,
Urutan afdhaliat : hari ke tujuh, hari ke empat belas, hari ke dua puluh satu dan semua hari dikala mampu

Hikmah dilaksanakan aqiqah

  • Sarana memprokalmirkan kelahiran anak kepada lingkungannya.
  • Perwujudan rasa syukur dan kegembiraan atas bertambahnya umat Muhammad.
  • Mempererat ikatan cinta masyarakat yang berkumpul menghadiri jamuan aqeqah
  • Ikut meringankan masalah social dengan pembagian daging aqeqah
  • Menghubugkan antara anak dan orang tuanya baik dalam do’a maupun syafaat di hari kiamat.
01 Feb 2010

Pentingnya Aqiqah

Aqiqah No Comments

“setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan baginya pada hari ke tujuh, diberi nama dan dicukur rambutnya pada hari itu”.
(Al Hadits)

Apabila kita memiliki barang dan bisa mendatangkan manfaat serta bangga memilikinya namun barang tersebut dalam keadaan tergadai, bagaimana sikap kita terhadap barang tersebut ?. Tentunya kita berusaha untuk menebusnya. Dengan demikian , melaksanakan aqiqah merupakan upaya untuk menebus anak yang masih tergadai.

Jika anak belum di Aqiqah ?
Dinyatakan dalam hadits jika anak belum di aqiqahi akan tergadai dengan aqiqahnya, apa maksudnya ? :
Imam Ahmad Bin Hambal menjelaskan yang dimaksud, bila si anak meninggal dunia sebelun diaqiqahi, maka ia tidak dapat memberikan syafa’at untuk kedua orang tuanya.

Yang menunaikan aqiqah:
Adalah tanggung jawab orang tua yang memikulnafkah sianak tersebut. Namun demikian dapat pula ditunaikan oleh orang lain atas kehendaknya sendiri, misalnya dilakukan oleh seorang kakek untuk cucunya, sebagaimana dicontohkan dalam hadits :
“Rasulullah saw menyembelih aqiqah Hasan dan Husein masing-masing dua ekor gibasy” (HR Nasa’i)

19 Dec 2009

Dasar Aqiqah dan Qurban

Aqiqah No Comments

Pandangan Umum

Dalam pandangan islam, peternakan merupakan subsektor agribisnis yang memberikan banyak manfaat terhadap kehidupan masyarakat. Manfaat tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, baik sebagai sumber makanan dan minuman, bahan pakaian, kendraan dan hiburan akan tetapi juga bermanfaat sebagai renungan terhadap kekuasaan ALLAH SWT, selain itu hewan ternak juga dapat dijadikan alat ubtuk menyucikan hartanya dengan cara mengeluarkan Qurban atau zakat atas hasil usaha dibidang peternakan tersebut.

  1. Hewan ternak sebagai tanda kekuasaan ALLAH SWT

    ”dan apakah mereka (manusia) tidak melihat dan memikirkan, bahwa sesungguhnya kami telah menciptakan hewan ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah kami ciptakan dengan tangan-tangan (kekuasaan) kami, lalu mereka memikirkannya“ (Surat Ya-sin : 71)
  2. Hewan ternak sebagai bagian dari suatu ibadah
  3. Manfaat yang tak kalah penting dari hewan ternak adalah dapat digunakan sebagai alat untuk menyucikan diri beserta harta benda yang dimilikinya, yang dapat dilakukan melalui ibadah Qurban maupun melalui Aqiqah,zakat, infak dan sadakah.


    ”Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka, dan mereka menyebut nama Allah dalam beberapa hari tertentu atas rezeki yang diberikan Allah kepada mereka dari hewan-hewan ternak. maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orangyang melarat lagi fakir“ (Surat Al Haj : 28)

  4. Hewan ternak sebagai sumber makanan
    Allah menciptakan aneka hewan ternak baik dari kelompok ruminan maupun unggas, ternak tersebut diciptakan untuk dijadikan sebagai sumber bahan makanan bagi manusia, terutama sebagai penyedia protein Hewani, berupa daging, susu dan telur.

    ”dan bagi mereka ada beberapa manfaat dan minuman (dari binatang ternak). mengapa mereka tidak bersyukur“
    (Surat Ya-sin : 73)
  5. Hewan ternak sebagai penyedia bahan pakaian
    Ternak dapat diambil bulunya untuk dijadikan bahan pakaian, sebagai contoh yaitu wol yang dihasilkan oleh ternak domba dan unta, hal ini di Indonesia memang suatu yang kurang lazim.

    ”Dan dia menciptakan binatang ternak untuk kamu, yang padanya menghanggatkan (badan) dan beberapa manfaat, dan sebagiannya kamu makan“
    (Surat An Nahl : 5)
  6. Hewan ternak sebagai kendaraan
    Ternak dapat dapat dijadikan sebagai kendraan atau alat angkutan, yaitu seperti ternak sapi, kuda, bagal dan keledai. hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an.


    ”Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang domba, sepasang dari kambing. Katakanlah: “Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?” Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar. (Surat Al An’am : 142-143)


    Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (Surat An Nahl : 7-8)

    Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh (Surat Al Haj : 27)
  7. Hewan ternak sebagai hiburan
    Hewan dapat dijadikan sebagai hiburan karena ternak mempunyai keindahan suara maupunkeindahan kulit atau bulunya.

    ”dan bagi kamu padanya ada keindahan, ketika kamu halau pulang dan ketika kamu lepaskan“ (Surat An Nahl : 6)
Copyright © 2010 - 2017 Kambing Qurban Syariah 2017 | Home | Sapi Qurban Murah 2017 | Pesan Kambing Qurban |