14 Sep 2011

Pembagian Daging Aqiqah

Aqiqah No Comments

Pembagian daging Aqiqah dibagikan sebagian kepada fakir miskin sebagai sedekah, dibagikan kepada kaum kerabat, tetangga, yang membantu persalinan atau suku bangsa tertentu sebagai hadiah dan juga boleh sebagian untuk dimakan sendiri, namun tidak leih dari sepertiga bagian.

Memberi Nama Anak

Disunnahkan memberi nama yang baru dilahirkan dengan nama-nama yang baik, ini dengan harapan kelak anak tersebut menjadi baik karena dalam nama itu terkandung doa dan harapan orang tua.

Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah, Abdur Rahman, dll. Juga diperbolehkan memakai nama-nama malaikat atau para nabi dan juga nama-nama baik lainnya.

Namun di makhruhkan memberi nama dengan nama Yasar (kaya), Rabah (banyak) dan Aflah (bahagia) karena dikhawatikan apabila ada yang menanyakan apakah dia demikian, jawabannya tidak.

Mencukur Rambut

Disunnahkan mencukur rambut bayi yang baru dilahirkan sampai habis kemudian rambutnya ditimbang dengan perak/emas lalu disedekahkan senilai perak/emas tadi kepada faikr miskin. Rasullullah SAW, memerintahkan kepada Fatimah RA, beliau bersabda:

“Tumbanglah rambut Husain dan bersedekahlah dengan berat rambut tersebut dengan perak dan berikanlah kaki Aqiqah kepada satu suku bangsa” (HR. Baihaqi dari Ali RA)

Banyak hikmah yang terkandung didalamnya. Pertama menghilangkan penyakit karena rambut bawaan bayi mengandung kotoran yang akan mengundang penyakit. Kedua menguatkan syaraf-syaraf kepala sang bayi. Ketiga mempererat ikatan dengan fakir miskin dengan mensedekahkan kepadanya dan hikmah lainnya.

Ahli fiqih membolehkan juga mengadakan walimah Aqiqah dengan mengundan fakir miskin, kaum kerabat dan yang lainnya untuk makan bersama berkumpul guna mempererat Ukhuwah Islamiyah.

Kambing Qurban Feedback


No Responses to “Pembagian Daging Aqiqah”

Leave a Reply

Copyright © 2010 - 2014 Kambing Qurban Syariah 2014 | Home | Pesan Kambing Aqiqah | Pesan Kambing Qurban | Paket Catering Aqiqah | Tabungan Qurban & Aqiqah