14 Sep 2011

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Aqiqah No Comments

Diutamakan melaksanakan Aqiqah pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya, adapun kalau belum bisa, boleh hari ke 14 (empat belas), 21 (duapuluh satu) atau kapan saja ia mampu.

Imam Malik berkata : “Pada dzohirnya bahwa keterikatan pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan) ke 10 (sepuluh) atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah : “Allah menghendaki kemudahan bagi mu dan tidak menghendaki kesukaran bagi mu”. (QS. 2:185)

Pendapat Imam Malik ini menjelaskan bahwa melakukan Aqiqah kapan saja boleh, namun diutamakan pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya.

Disunahkan memotong Kambing sendiri

Orang yang mengaqiqahkan anaknya dan ia pandai memotong kambing, disunnahkan untuk menyembelih sendiri sambil membaca:

Bismillahi Wallahu Akbar, Allahuma Sholi alaa Muhammadin wa’alaa aalaihi wasallim Allahuma minka wa’alaika taqabbal hadzihi aqiqah min ….. (fulan bin fulan)

Dengan Nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah berilah rahmat dan sejahtera kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, Ya Allah ini dari Engkau dan kembali keada Engkau maka terimalah ini aqiqah dari …….  (fulan bin fulan)

No Responses to “Waktu Pelaksanaan Aqiqah”

Leave a Reply

Copyright © 2010 - 2017 Kambing Qurban Syariah 2017 | Home | Sapi Qurban Murah 2017 | Pesan Kambing Qurban |